Categories
Berita Media

Setahun, LBH Makassar Terima Aduan 2.560 Kasus


Makassar, Seruu.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar mengeluarkan rilis terkait kinerjanya sepanjang tahun 2014. Dalam catatan tersebut, sebanyak 2.560 kasus aduan dari masyarakat masuk ke LBH Makassar.

Menurut Direktur LBH Makassar, Abdul Azis, mengatakan, jumlah pencari keadilan tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Ribuan kasus itu ia sebut sebagai aduan pencari keadilan.

Dari aduan lebih dari dua ribu itu, kemudian diurai dalam berbagi kelompok. “Kita bagi dalam bentuk konsultasi, litigasi, non litigasi dan khusus bidang sipil dan politik dimana mereka menjadi korban kekerasan,” kata Abdul Aziz, dalam rilisnya, Kamis, (25/12/2014).

Lebih dari itu, juga terdapat kasus struktural, tanah dan lingkungan, buruh dan kaum miskin kota, serta hak anak dan perempuan. Dalam catatan itu, juga, tambah Aziz, sebanyak 52 orang menjadi korban kekerasan aparat, dimana 6 meninggal dunia, 11 orang luka tembak, dan selebihnya mengalami kekerasan.

Terkait dengan itu, Azis menilai, negara saat ini belum bisa memegang mandat penegakan hukum.”Kami merasa kecewa dengan penegak hukum, karena penanganannya selama ini belum berpihak kepada rakyat,” ujar Aziz.

Makanya itu, LBH berharap, tahun depan hukum betul-betul bisa menjadi payung dan membawa keadilan bagi semua pihak. Apalagi, kata Azis, tahun depan merupakan tahun pemerintahan Jokowi-JK. (HSB)

Sumber berita: city.seruu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *