Catatan Akhir Tahun

Tahun ini LBH Makassar kembali membuat Catatan Akhir Tahun, untuk memberikan gambaran situasi penegakan Hukum, HAM dan Demokrasi di Sulawesi Selatan.
LBH Makassar menganggap konsep Negara Hukum yang diterapkan telah Keluar Jalur. Dimana Negara yang memiliki kewajiban melakukan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM), tidak berjalan semestinya.
Hal ini dapat … Read More

Tahun 2020, kita melewati hari-hari yang kelam penuh dengan kekerasan dan kriminalisasi terhadap mahasiswa/pelajar, petani dan nelayan. Tahun 2020 LBH Makassar menerima 188 permohonan bantuan hukum, 174 kasus diterima, dan 14 kasus ditolak. Dari kasus tersebut terdapat 114 kasus atau yang berdimensi struktural atau terdapat relasi kuasa yang timpang antara … Read More

Divisi Perlindungan Hak Perempuan dan Anak LBH Makassar menilai, pemulihan psikologi dan fisik perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan belum memadai.
Staf Divisi Perlindungan Hak Perempuan dan Anak LBH Makassar, Rezky Pratiwi menyebut, para korban belum mendapatkan layanan yang memadai untuk pemulihan psikologis dan medisnya.
“Dalam penyidikan memang kami pantau pelibatan … Read More

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar merilis Catatan Akhir Tahun (Catahu) 2019, di kantor LBH, Selasa (31/12/2019) siang.
Rilis Catahu 2019 ini tentang Menentang Arus Balik Oligarki, dalam situasi Hukum, Ham, dan Demokrasi yang terus terancam.
Menurut Wakil Direktur LBH Makassar, M Fajar Akbar, 2019 diisi dengan momentum politik yang menyeret intrik dan pertikaian.
Pasca momentum politik 2019, kekuatan Oligarki dianggap semakin massif untuk memukul … Read More

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar menyebutkan, kasus tertinggi selama 2019 terbanyak dilaporkan dari Kota Makassar.
Data tersebut diungkapkan saat rilis data Catatan Akhir Tahun (Catahu) 2019 LBH, di kantor LBH, Selasa (31/12/2019) siang.
Kata Wakil Direktur LBH Muh Fajar Akbar, selama 2019 ada 246 permohonan di LBH Makassar. Tetapi yang diterima ada … Read More

Catatan Akhir Tahun Kepala Divisi Tanah dan Lingkungan Hidup LBH Makassar “Jaminan Hak Kepemilikan & Akses Pengelolaan SDA Kian Tercabut” oleh Edy Kurniawan, S.H. Silakan download di sini!

Tingginya tingkat permohonan bantuan hukum setiap tahunnya dan sadarnya akan pentingnya Layanan Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin dan Marginal lainnya (Difabel, Komunitas Adat, Aliran Agama dan Etnis Minoritas tertentu, LGBT, dan komunitas lainnya) serta petingnya dalam peningkatan kualitas layanan, maka dalam rentang waktu sejak tahun 2013 sampai … Read More

Pada konteks bernegara, terminologi begal, mulai “naik kelas”. Saat ini pengistilahan begal bukan saja mengarah pada kejahatan kelas lumpen, tapi juga kejahatan “kerah putih”. Fakta ini dapat dilihat pada implikasi situasi saat ini. Bahkan, pembegalan oleh kerah putih justru jauh lebih berbahaya dibanding begal lumpen. Sehingga sangatlah … Read More

Potret penegakan hukum dan HAM tahun 2014 menggambarkan adanya anomali dari Negara lewat Pemerintah sebagai pemangku kewajiban dalam konteks HAM. Hal ini terjadi terutama di institusi pemerintah, institusi penegak hukum dan warga negara itu sendiri. Pada institusi pemerintah masih sangat mengandalkan sikap live servis dalam memenuhi kebutuhan dasar warga.

Dibawah ini … Read More

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *