Categories
Berita Media

Lagi-Lagi Kinerja Aparat Mendapat Sorotan

Sesi. Com, Makassar- Beberapa kasus kekerasan yang pernah dilakukan aparat kepolisian terhadap masyarakat sipil yang sampai saat ini belum menemukan titik terang, memunculkan tanggapan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar.

Abd Azis, Direktur LBH Makassar menyatakan, posisi kepolisian perlu untuk dipertanyakan lebih jauh, apakah masih relevan berada di bawah naungan Presiden atau tidak. Sebab menurutnya, pengalaman dari beberapa kasus menyatakan bahwa kepolisian masih sangat rentan ditarik kewilayah politik, sehingga membuat aparat kepolisian tidak berpihak kepada kepentingan masyarakat.

“Sebab bagaimana mungkin Polisi bisa berpihak ke masyarakat, jika mereka berpihak ke kekuasaan atau elit tertentu,” ungkap Direktur LBH Makassar, Abd Azis. Jumat (29/5).

Azis menambahkan, kasus kriminal dan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian yang ditangani LBH Makassar sejak tahun 2009 hingga saat ini sebanyak 24 kasus dengan tahapan yang berbeda. Ada tahapan peroses penyidikan dan sudah ada tersangka namun hingga saat ini belum belum diperoses.

Saat ini, menurut Azis, LBH Makassar sementara fokus mengumpulkan dan menganalisis data yang nantinya akan diusulkan sebagai kerangka acuan untuk mereposisi Kepolisian di bawah naungan menteri dalam negeri.

Laporan: SAP
Editor: IQ
Sumber berita: seputarsulawesi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *