Categories
SIPOL

Saksi Ahli Tak Paham CV, Sidang Fadli Ditunda

saksifadliSungguminasa, 19 Januari 2015. Sidang dengan agenda pemerikasaan saksi dalam perkara pencemaran nama baik Ichsan Yasin Limpo dengan terdakwa Fadli Rahim kembali digelar. Suasana Pengadilan Negeri Sungguminasa saat itu tidak seramai sidang pemeriksaan saksi minggu sebelumnya. Meskipun masih nampak aparat kepolisian dari satuan Sabhara berjaga di dalam ruang sidang dan di sekitar pengadilan. Pengunjung sidang terdiri dari para pendukung bupati, keluarga tersangka dan beberapa media cetak dan elektronik. Mereka mengikuti jalannya sidang dengan tertib.

Tidak ada yang spesial hari itu, Ichsan Yasin Limpo yang juga Bupati Gowa yang diharapkan datang menghadiri sidang tidak bisa dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum. Alasannya adalah bahwa dia sedang menjalankan tugas di luar provinsi. Sidang tetap dijalankan dengan agenda pemeriksaan saksi ahli.

Sebelum saksi diambil sumpahnya terlebih dahulu hakim meminta para saksi ahli untuk memperlihatkan Curriculum Vitae mereka. “Apakah anda membawa Curriculum Vitae?” hakim bertanya kepada kedua saksi. Saksi ahli nampak kebingungan dengan permintaan ketua majelis hakim.

Kemudian ketua majelis hakim mengulangi pertanyaannya. “Apakah kalian berdua membawa CV?” Lagi-lagi kedua saksi kelihatan bingung dengan permintaan hakim. Hakim melanjutkan, “CV adalah daftar riwayat hidup dalam pengertian bahasa Indonesianya, curriculum vitae adalah bahasa inggrisnya!. Hakim ketua kembali menjabarkan apa saja yang terdapat didalam daftar riwayat hidup.

Setelah hakim menjabarkan isi dari daftar riwayat hidup itu adalah memuat nama, alamat tempat tinggal, pendidikan formal dan non formal. Salah seorang saksi kemudian mengatakan bahwa dia membawa surat tugas. Seorang saksi yang lainnya bernama BN berkata, “saya diperintahkan oleh atasan saya! Saya tidak punya keahlian dibidang ITE tapi saya punya keahlian dibidang media cetak!

Mendengar pernyataan saksi ahli itu, ketua majelis hakim kemudian menyatakan bahwa bukan kapasitas saksi ahli memberikan penilaian apakah saksi memiliki kapasitas sebagai seorang ahli atau bukan! Hakim yang akan memberikan penilaian bukan saksi. Hakim meminta saksi untuk membawa CV mereka pada sidang minggu depan. Akhirnya sidang ditunda hingga senin minggu depan. [Ratna]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *